Sabtu, 25 September 2010

tutorial" 3d max

Ayo, bikin cahaya 3D lampu-mu sendiri! Pasti akan sangat menakjubkan! ;) Ini panduannya...

Cara membuatnya:

1. Klik tab Create>Lights>Omni


2. Anda buat sebuah Omni di Viewport 3ds max Anda, caranya dengan klik satu kali mouse Anda di Viewport Top. Tampilan di Viewport Perspective akan terlihat seperi gambar dibawah



3. Selanjutnya, Anda klik tab Modify



4. Lalu klik menu Rendering>Effects



5. Pada jendela Environment and Effects, klik tombol Add


6. Pilih Lens Effects dan klik tombol OK



7. Di rollout Lens Effects Globals, klik tombol Pick Light



8. Lalu Anda klik objek Omni yang tadi Anda buat di Viewport 3ds max Anda



9. Disebelah tombol Remove, Anda akan melihat objek Omni Anda sudah masuk kedalam list


10. Selanjutnya, masih di rollout Lens Effects Globals, Anda klik tombol Load



11. Pilih rays.lzv dan klik tombol Open


12. Atur nilai Size=25 (seperti tampak pada gambar dibawah)


13. Klik menu Rendering>Render


14. Klik tombol Render


15. WHUZZZ!!! Cahaya sudah jadi! Selamat mencoba...


Tambahkan Obyek dan semuanya akan terlihat lebih jelas dan indah

LAmpu Penerangan ala Aditya , Hemat Listrik dan Tahan Lama... Gratis




1. Buat sebuah text pada Viewport Front (caranya sudah pernah dibahas pada tutorial sebelumnya. Anda dapat mengeceknya kembali). Buat dengan parameter seperti gambar dibawah


2. Berikan Modifier Extrude untuk Text tersebut dengan besaran Extrude = 13 (inipun sudah pernah dibahas sebelumnya)


3. Klik kanan mouse pada tulisan Extrude. Dan klik Collapse All


4. Klik tombol Yes


5. Maka tulisan Extrude akan berubah menjadi tulisan Editable Mesh


6. Klik kanan pada tulisan Editable Mesh tersebut dan klik pilihan Editable Poly


7. Sekarang kita akan coba untuk “memecahkan” objek Text agar tidak menjadi satu kesatuan. Ini bertujuan agar kita dapat memberikan warna-warna lampu neon yang berbeda-beda untuk setiap huruf pada objek Text tersebut

Klik pilihan Elemen (seperti tampak pada gambar dibawah)



8. Pilih huruf “i” pada Viewport Front


9. Arahkan mouse Anda pada bidang kosong di area Tab Modify dan geser kebawah. Klik tombol Detach



10. Klik tombol OK



11. Matikan tombol Elemen (seperti tampak pada gambar)


12. Pastikan huruf “i” tetap terpilih dan dekatkan mouse ke huruf tersebut lalu klik kanan mouse. Klik opsi Properties


13. Ubah Object Channel = 1 dan klik tombol OK (lihat gambar)


14. Lakukan langkah ke 7 hingga langkah ke 13 untuk masing-masing huruf yang lainnya. Dan berikan nilai Object ID yang berbeda-beda untuk masing-masing huruf


15. Saatnya membuat efek lampu neon. Klik menu Rendering>Effects


16. Klik tombol Add


17. Klik pilihan Lens Effects dan klik tombol OK


18. Klik pilihan Glow dan klik tombol bergambar > (perhatikan gambar dibawah).


19. Ubah Size = 0.1 dan ubah warna Radial color disebelah kiri menjadi warna hijau


20. Klik tab Options (lihat gambar).


21. Beri tanda centang pada pilihan Object ID = 1


22. Lakukan langkah ke 16 hingga langkah ke 21 untuk masing-masing huruf. Jangan lupa pada langkah ke 21, isikan nilai yang sama untuk masing-masing hurufnya sesuai dengan nilai Object ID dari masing-masing huruf tersebut, ysng telah Anda isikan sebelumnya. Pada langkah ke 19, Anda berikan warna yang berbeda-beda pada kotak warna Radial Color yang berada disebelah kiri.

23. Lakukan Render. Hasilnya kira-kira tampak seperti gambar dibawah.

Warna - Warni Desain Grafis di ilmugrafis.com

Selamat mencoba. dan Teruslah Belajar 3DS MAX
Tutorial ini diarsipkan dalam ilmuGRAFIS kategori Tutorial 3DS MAX
Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar